Ingin Bangun Koneksi Dengan Pelanggan? Lakukan 3 Kebiasaan Ini!

Halo, Sobat Jarjas! Pernah gak sih kalian bertanya-tanya, “kenapa ya kok produkku gak di-repurchase pelanggan?” Mungkin kamu sempat berpikir, “Apa karena produknya kurang bagus? atau tidak sesuai ekspektasi?”

Sobat Jarjas, sini Minjas kasih tau. Terkadang alasan kenapa pelanggan tidak repurchase produkmu adalah mereka lupa sama brand dan produkmu. Kalian pasti sekarang bingung kan gimana dong supaya mereka gak lupa sama produkku???

Kebetulan banget! Minjas akan berbagi 3 kebiasaan yang bisa meningkatkan koneksi dengan pelanggan biar mereka gak gampang ngelupain brand-mu! Cekidottt…

1. Lakukan Sapaan Harian

Sobat Jarjas, pernahkah kamu mendapatkan sapaan dari toko online langgananmu secara personal? Tentu, jarang sekali! Hal ini karena belum banyak yang tahu akan kekuatan dari sebuah sapaan sederhana. 

Mungkin sudah banyak toko online yang melakukan sapaan melalui akun instagram mereka secara publik. Meski melakukan hal ini juga akan berdampak baik, namun dampaknya tidak akan se-dahsyat sapaan personal, entah itu melalui surel, SMS, maupun akun media sosial pribadi mereka.

Menulis sapaan sederhana tidak harus seperti menulis puisi yang panjang. Cukup dengan “selamat pagi” atau menanyakan “bagaimana harimu?” secara konsisten dapat meningkatkan hubungan antara brand dengan pelanggan.

Meski sering kali sapaan tersebut tidak dibalas, teruslah menyapa. Bahkan, sesekali sapaan tersebut bisa ditambahkan dengan informasi tentang produk baru atau diskon. Dengan begitu, pelanggan akan selalu mengingat brand dan juga produk yang kita tawarkan. Ingat, kuncinya adalah KONSISTEN!

2. Sertakan Behind the Scene Video

Pernahkah kamu melihat video Behind The Scene (BTS) dari suatu film, Sobat Jarjas? Apa tanggapanmu terhadap video BTS tersebut?

Video BTS bisa dijadikan salah satu alternatif konten sosial mediamu, Sobat Jarjas. Video BTS sendiri diciptakan agar pelanggan dapat melihat perjuangan dan keseruan Sobat Jarjas dalam berbisnis. Video yang ditampilkan bisa berupa saat produksi barang atau pengiriman barang atau semacamnya. Dengan melihat video BTS, pelanggan jadi bisa merasa lebih familiar dengan produkmu dan juga menumbuhkan rasa kedekatan antara penjual dan pelanggan. Oleh karena itu, video BTS seharusnya dibuat senatural mungkin!

Membuat video BTS juga tidak perlu ribet, cukup gunakan smartphone-mu untuk merekam dan juga mengedit. Kamu bisa belajar mengedit video di sini!

3. Tanyakan Feedback Pelanggan Secara Personal

Ketika ada yang membeli produk, otomatis setiap penjual akan langsung menanyakan pendapat pelanggan tersebut terhadap produk yang dibeli. Tapi… Tahukah kamu, Sobat Jarjas?

Menanyakan feedback itu sebaiknya tidak dilakukan langsung atau di hari yang sama dengan hari pembelian. Waktu emas untuk menanyakan feedback adalah 7 hari sampai 14 hari setelah pembelian. Kenapa harus menunggu selama itu? Hal ini bertujuan sebagai reminder bagi pelangganmu tentang brand atau produkmu, Sobat Jarjas! Bila sehari setelah barang diterima sudah kamu tanyakan feedbacknya, hubungan antara brand dan pelanggan akan pendek dan kurang tahan lama.

Baca Juga 5 Cara Jitu Menjaga Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Itu dia, Sobat Jarjas! Dijamin, deh… Jika melakukan ketiga hal di atas secara rutin dan konsisten, koneksi brand-mu degan pelanggan akan membaik dan tingkat pembelian bisa meningkat. Semoga bermanfaat, ya, Sobat Jarjas!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.