3 Strategi Sosial Media Marketing Efektif Bagi UMKM

illustration of social media

3 Strategi Sosial Media Marketing Efektif Bagi UMKM

Halo sobat Jarjas, Bagaimana kabar bisnis sekarang? Sudahkah memenuhi target yang ditetapkan? Artikel mimin kali ini akan menunjukkan tiga strategi sosial media marketing yang efektif untuk para pelaku UMKM. 

Sosial media menjadi ajang perlombaan bagi semua pelaku usaha dalam mengenalkan dan memasarkan produk mereka. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat dan efektif untuk memenangkan pasar. Lebih lagi bagi UMKM atau bisnis kecil menengah, kegiatan pemasaran sepatutnya dilakukan dengan tepat sasaran agar perkembangan bisnisnya tercapai. Lalu, apa saja strategi efektif yang Jarjas sarankan untuk para UMKM? simak penjelasan lengkapnya dibawah.

ilustrasi pemasaran online
Image source: unblast.com

1.Strategi Pemasaran dengan Membangun Brand Awareness

Membuat masyarakat sadar akan brand kita awalnya memanglah tidak mudah. Dibutuhkan banyak upaya agar setidaknya masyarakat tahu keberadaan brand kita. Salah satu cara agar brand kita dikenal adalah dengan membangun brand awareness melalui sosial media. Diawali dengan menentukan nama brand yang cocok dan menjual untuk dipasarkan di sosial media.

Tak kalah penting, brand identity seperti logo dan konten perlu diperhatikan saat kita membuat sosial media. Brand identity memerlukan kemampuan untuk menyampaikan nilai-nilai usaha kita. Maka dari itu, kita memerlukan seorang profesional dalam membentuk brand identity. Tertarik untuk membuat logo atau desain sosial media yang menarik?

2. Tentukan Target Audiens Untuk Memilih Platform

Strategi kedua adalah menentukan target audiens dari produk kita untuk menentukan platform atau sosial media apa yang paling cocok untuk pemasaran. Mengenali target adalah kunci kesuksesan pemasaran online. Kita perlu tahu kepada siapa kita menyajikan konten agar kita paham konten apa yang harus kita berikan.

Memilih sosial media juga sama pentingnya. Kita harus menentukan sosial media mana yang tepat untuk produk kita. Seperti contoh, saat ini yang paling banyak diakses masyarakat umum adalah Facebook, Instagram, dan juga Tiktok. Ketiga platforms tersebut memiliki spesialisasi masing-masing. Jika produk kita banyak muncul di ketiga platform tersebut, maka akan lebih banyak orang yang tahu tentang kita. Tentukan platform sesuai audiens kita ya!

3. Menciptakan Koneksi di Sosial Media

Terkoneksi merupakan inti dari aktivitas marketing di sosial media. Koneksi dapat berupa hubungan antara kita dengan audiens atau hubungan kita dengan pelaku bisnis lain. Kegiatan ini memang kedengarannya akan memakan banyak waktu untuk tetap online. Lalu bagaimana cara menciptakan koneksi di sosial media?

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjalankan strategi satu ini, salah satunya dengan menyuguhkan konten yang relevan dengan bisnis dan audiens kita. Dengan cara ini, koneksi dengan audiens akan terbentuk. Konten-konten yang menarik dan relevan biasanya dapat meningkatkan engagement di sosial media  kita. 

Selain konten yang menarik, kolaborasi dan kampanye juga bisa menjadi alternatif lain dalam menciptakan koneksi. Berkolaborasi dengan pelaku bisnis lain yang relevan juga dapat menguntungkan kedua belah pihak dalam menyasar audiens. 

Jika dirasa perlu, kampanye bersama influencer juga dapat kita lakukan. Namun, perlu dicatat bahwa kita harus menentukan apakah influencer yang akan kita gandeng sesuai dengan target audiens kita. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mencoba beberapa strategi diatas yaa.

 

Nah, itulah 3 strategi efektif sosial media marketing dari mimin. Kalau kita lakukan kilas balik, tiga strategi tersebut adalah membangun brand awareness di sosial media untuk dikenal khalayak umum, lalu menentukan target audiens dan platform yang tepat, dan yang terakhir adalah menciptakan koneksi. Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.