5 Cara Jitu Menjaga Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Kepuasan dan loyalitas pelanggan merupakan hal terpenting dalam berbagai bisnis. Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak hanya ingin terus mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga ingin mempertahankan pelanggan yang sudah ada bukan?  Jika pelanggan Anda puas, mereka kemungkinan besar akan repurchase produk atau layanan Anda. Begitu pula sebaliknya, jika mereka tidak puas dengan produk dan layanan yang diberikan, mereka akan enggan untuk kembali kepada Anda dan mereka juga akan memberikan review negatif kepada orang lain.

Tanpa disadari, mendapatkan pelanggan baru akan lebih mudah JIKA anda dapat mempertahankan pelanggan lama. Jika pelanggan Anda saat ini puas, maka peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru semakin besar. Pelanggan setia Anda kemungkinan besar akan merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain. Jadi bagaimana cara menjaga pelanggan setia untuk bisnis Anda?, Simak tipsnya berikut ini!

 

1. Tingkatkan Profesionalitas Kerja Tim

Langkah awal ini sangatlah penting untuk semua bisnis. Sebagai pemilik bisnis, Anda wajib membimbing seluruh karyawan Anda untuk bekerja secara profesional. Perhatikan bagaimana staf Anda menangani pelanggan. Beri mereka saran yang membangun tentang apa yang perlu mereka perbaiki atau tingkatkan. Pertemuan mingguan mungkin akan membantu Anda dan Tim untuk melakukan evaluasi.

2. Lakukan Langkah Follow-Up kepada Customer

Jangan abaikan pelanggan setelah mereka selesai membeli produk atau layanan Anda. Anda ingin mereka terus kembali kepada Anda, bukan? Karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan follow-up. Ucapan terima kasih sederhana melalui email dapat membuat mereka tersenyum. Anda juga dapat meminta mereka untuk menilai dan memberi ulasan produk atau layanan Anda.

3. Tawarkan Program Member/Loyalty

Tujuan dari program loyalitas adalah untuk memberi penghargaan kepada pelanggan setia yang melakukan pembelian secara teratur. Anda dapat menawarkan kartu member dan memberi mereka poin setiap kali mereka melakukan pembelian. Poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan barang atau jasa, atau bahkan potongan harga jika sudah mencapai nilai tertentu. Dengan cara ini, customer akan tertarik untuk repurchase dan mengumpulkan poin.

4. Pererat Hubungan dengan Customer

Mengirim email kepada setiap pelanggan mungkin akan terdengar berat, namun langkah ini patut dicoba. Misalnya, mengirim e-mail tentang program atau layanan baru anda. Dengan langkah akan mengingatkan pelanggan anda kepada jasa yang pernah dipakai. Bukan hanya menawarkan produk atau jasa, Anda juga dapat mengirimkan ucapan di hari-hari spesial seperti valentine, natal, ulang tahun. email pada hari-hari khusus seperti Valentine dan Natal untuk  memberi mereka penawaran khusus. 

5. Buat Konten Sosial Media

Konten sosial media sangat penting untuk memberitahukan bahwa bisnis Anda hidup dan aktif. Konten promo atau info menarik juga dapat memberikan kesan baik kepada customer Anda. Mendukung kampanye positif misalnya seperti Go-Green, memberi ucapan di hari-hari besar, quiz dapat menjadi inspirasi contoh konten yang dapat dimuat di sosial media. 

 

Nah, bicara tentang konten sosial media memang tidak mudah untuk menemukan ide kreatif yang dapat menarik pelanggan. Jadi, ke Jarjasdesign aja yuk. Kita akan bantu meningkatkan konten anda dengan kreatif dan menarik. 

Check Our Portfolio: instagram.com/jarjasdesign

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo ada yang bisa kami bantu?