Apa Yang Pandemi Ajarkan ke Bisnis Kamu?

Halo calon pengusaha sukses masa depan, setelah dua tahun lebih dunia bertarung melawan pandemi COVID-19 yang mengubah tatanan kehidupan kita, mungkin ini saatnya untuk kita merefleksi apa saja yang telah terjadi dengan dunia bisnis dan apa yang dapat kita pelajari untuk masa depan yang lebih baik. Sebagai pelaku usaha, pandemi COVID-19 tentu memberikan dampak signifikan terhadap laju perkembangan bisnis dalam semua sektor. Ketika semua terasa berat untuk dihadapi, yang dapat kita lakukan adalah melihat sisi positif dan menjadikannya sebagai pegangan untuk masa mendatang.

Dengan hadirnya pandemi dalam perjalanan bisnis kita, mengajarkan kita bahwa sesuatu yang tak terduga bisa saja muncul dan menghiasi rencana-rencana yang sudah kita buat. Artikel Jarjas kali ini akan membahas apa saja yang telah pandemi ajarkan pada kita dan bisnis kita.

1. Seperti hidup dan mati, kesuksesan tidak mengenal usia

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis selama kita mampu berkomitmen dan konsisten. Ragu untuk memulai bisnis dikala pandemi? wajar sekali. Kita mungkin akan menimbang resiko dan kesempatan meraih kesuksesan dikala pandemi. Tapi, tenang seperti yang dikatakan oleh pepatah “Banyak jalan menuju Roma” begitu banyak jalan yang mungkin saat ini belum kamu temukan untuk menuju kesuksesan. Jadi, temukan jalan kita yuk!

2. Prioritaskan kesehatan dan support tim

Di masa krusial seperti ini penting bagi kita dan tim untuk memprioritaskan kesehatan. Tetapkan fokus pada kesehatan sebagai bagian dari budaya perusahaan karena kita butuh tim yang sehat secara fisik dan mental untuk menjadi produktif. Support dalam tim juga sangat dibutuhkan mengingat hampir semua orang kesusahan menyesuaikan diri dengan sistem work from home yang membatasi produktivitas dan efisiensi kerja. Jadi, bahu membahu menguatkan tim secara fisik dan mental menjadi kewajiban dalam mencapai bisnis sukses. 

4. Melek Teknologi

Dengan sebagian besar tenaga kerja bekerja dari jarak jauh, kita telah belajar bahwa kita dapat mengadakan rapat, berkolaborasi proyek, dan bahkan menyelenggarakan acara besar secara online. Keadaan ini memaksa kita untuk melek teknologi demi kelancaran bisnis kita. Sesuatu yang positif bukan?

5. Selalu Siapkan Rencana B

Dengan adanya pandemi dan saat ini PPKM yang masih terus berlaku kita butuh plan B untuk berjaga-jaga jika saja rencana awal kita tidak bisa terlaksana. Pikirkan rencana B dengan tim agar kita tetap siap siaga menghadapi kejadian tak terduga dan agar bisnis tetap berjalan dengan memiliki rencana dan strategi yang tepat.

Nah, itulah 5 pelajaran yang dapat dijadikan pegangan untuk membangun bisnis di masa pandemi maupun masa mendatan. Kalau menurut kalian, apa yang sudah pandemi ajarkan ke bisnismu?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi saya Wiwin,
ada yang bisa saya bantu?