Dukung Pemberdayaan UMKM, Mentoring Menjadi Solusi UMKM berkembang.

Ditengah lambatnya pertumbuhan ekonomi yang dialami oleh berbagai negara di dunia, Indonesia juga terdampak pertumbuhan ekonominya yaitu 5%. Untuk meningkatkan persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia, perlu adanya peningkatan pendapatan UMKM. Dikarenakan sebagian besar perekonomian masyarakat dipegang oleh UMKM, maka kemajuan UMKM sangat berpengaruh terhadap perekonomian bangsa.

Untuk memajukan UMKM, tentunya dibutuhkan pendampingan bisnis untuk membekali para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya. 

Sebelumnya, apa saja sih yang dilakukan seorang mentor?, mari kita simak informasinya: 

  • Melatih ketrampilan tertentu kepada mentee/orang yang dibimbing
  • Memfasilitasi pertumbuhan mentee dengan berbagai sumber daya dan jaringan
  • Membuat mentee berani untuk keluar dari zona nyamannya
  • Fokus pada pengembangan mentee

Maka Mentoring adalah sebuah hubungan yang antara individu yang memiliki banyak pengalaman di sebuah bidang tertentu dengan individu yang baru atau kurang memiliki pengalaman di bidang tersebut. 

Banyak upaya pemerintah untuk mengembangkan UMKM, salah satunya adalah Kemenkop yang menggandeng MASTERCARD DAN MERCYCORPS untuk bersinergi memberikan pendampingan bisnis melalui platform digital MicroMentor. Dalam pernyataannya Agustus tahun lalu, Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan bahwa pemerintah sedang memfokuskan pengembangan potensi UMKM dan peningkatan omset dengan harapan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 7%. 

Melihat ketatnya persaingan dalam berbisnis, sebenarnya pendampingan bisnis atau mentoring sudah digencarkan oleh pemerintah sejak tahun 2018 dalam laporan kinerja KEMENKOP UKM. Program ini dipercaya dapat mengembangkan UMKM atau yang biasa disebut dengan UMKM naik kelas. 

 

Lalu, apa manfaat besar mengikuti mentoring UMKM? 

Sudah banyak pelaku UMKM yang merasa sangat terbantu dengan adanya program mentoring. Poin-poin besarnya seperti berikut:

  • Mendapatkan pandangan yang lebih luas

Mendapat nasehat berharga dari orang yang lebih berpengalaman membuat anda semakin on track. Dengan adanya mentor, kita dapat melihat suatu penyelesaian masalah dari sudut pandang eksternal, lebih luas tentunya.

  • Memperluas jaringan kemitraan

Selain memberikan pengetahuan tentang berbisnis, mentor juga akan memberikan jejaring kemitraan yang luas. Dengan kata lain, ini akan membantu kita mendapatkan relasi yang relevan untuk membantu bisnis kita bertumbuh.

  • Melatih mental kuat untuk menjadi pengusaha sukses

Mentor juga akan membantu membentuk pola pikir kita sebagai pebisnis; seorang yang memiliki pandangan luas dan mental baja. Jadi, bukan melulu tentang strategi bisnis namun juga pengalaman yang mahal yang terkadang tidak akan ada di buku. Soal teori kita bisa saja membaca di buku manapun, namun tentang mentalitas hanya bisa dibentuk dengan pengalaman.

Nah, itulah mengapa dengan adanya program Mentoring UMKM akan berkembang dan bersiap menghadapi tantangan-tantangan di masa mendatang. Bukan langkah yang salah tentunya jika pemerintah bersikeras mendukung program ini, betul?

 

Dalam hal pemberdayaan UMKM, Jarjas Design juga turut andil dalam mensupport program mentoring. Informasi mengenai mentor atau bergabung menjadi Mentor UMKM dapat melalui kontak dibawah ini:

https://jarjasdesign.com/sigap-umkm/

Sumber:

depkop.go.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo ada yang bisa kami bantu?