4 Ide Bisnis Kreatif Selama Ramadhan!

Halo, Sobat Jarjas. Wah, gak kerasa ya bulan Ramadhan sudah datang lagi! Apa nih rencana Sobat Jarjas selama bulan puasa? Memperbaiki ibadah? atau sering bukber bareng teman-teman terdekat? atau belum ada rencana apa-apa?

Pas banget, nih… hari ini Minjas mau kasih saran kegiatan untuk Sobat Jarjas selama bulan puasa ini, yaitu berbisnis! Berbisnis di bulan Ramadhan itu banyak untungnya, lho, karena orang-orang sedang hobi-hobinya buka dompet dan berbelanja hihihi. 

Biar bisnis yang Sobat Jarjas gak gitu-gitu aja, Minjas bakal bagi 4 ide bisnis kreatif selama Ramadhan! Cekidot…

Ide Pertama: Katering Sahur

Kata Minjas sih… hampir semua orang pasti malas menyiapkan makanan yang bergizi dan lengkap untuk sahur. Saat sahur, kebanyakan orang hanya minum air putih atau mungkin makan roti dan biskuit sambil membayangkan, “pasti enak kalau ada yang menyiapkan sahur…”

Nah, di sinilah kesempatan untuk Sobat Jarjas Ide bisnis yang hobi memasak! Memang, sih… bisnis ini cukup berat karena harus memasak di malam hari, tapi Minjas jamin cuannya bakal setimpal karena bakal buanyak banget yang cari jasa satu ini!

Modal utama yang diperlukan bisnis ini tidak terlalu banyak, antara lainnya bahan-bahan makanan, gas elpiji, tempat makan plastik, dan juga bensin untuk mengantar makanan. Untuk memulai bisnis katering sahurpun tidak terlalu rumit, Sobat Jarjas bisa menyusun menu-menu sahur untuk seminggu ke depan. Tips dari Minjas, pilihlah menu yang Sobat Jarjas kuasai dan mudah dimasak! Lalu, mulai pasarkan jasa dan menu yang sudah disusun di Instagram, Facebook, maupun Whatsapp. Tinggal tunggu orang-orang pesan, deh!

Ide Kedua: Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Di tahun 2022 ini, pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Nah, inilah saat-saat paling sulit bagi para pemiliki hewan peliharaan ketika hendak pulang kampung, “Kucingku siapa yang urus?” “Kelinciku siapa yang kasih makan?” “Kandangnya siapa yang bersihin?” Dibuat kebingungan dengan nasib anabul kesayangan!

Melihat fenomena ini, Sobat Jarjas yang tidak mudik bisa menawarkan jasa penitipan hewan peliharaan! Tidak butuh banyak modal karena biasanya sang majikan akan menyediakan makanan dan menitipkan uang untuk keperluan si anabul. Sobat Jarjas hanya perlu menjaga mereka. Tapi… pastikan Sobat Jarjas tidak punya alergi binatang ya!

Ide Ketiga: Jasa Custom Amplop 

Coba Minjas tanya, apa sih yang harus ada waktu lebaran? Ketupat, lontong, opor ayam, rendang, dan tentu saja uang THR! hihihi

Uang THR yang akan dibagikan ke anak-anak kecil, entah itu anak tetangga atau keponakan, pasti harus dibalut dengan amplop lucu. Sobat Jarjas yang kreatif dan pintar desain pasti bisa dong bikin amplop yang gemas dan unik?

Untuk memulai bisnis ini, Sobat Jarjas harus mengeluarkan modal utama berupa ide, laptop atau komputer, aplikasi desain, dan printer. Semakin unik desain amplopnya, semakin bagus kualitas kertasnya, dan semakin gesit pengerjaannya… maka semakin banyak juga cuan yang bisa diambil! Yuk, coba deh pasarkan desain buatanmu di sosial media, Sobat Jarjas!

Ide Keempat: Jasa Penitipan Rumah

Hampir mirip dengan jasa penitipan hewan, Sobat Jarjas harus menjaga rumah pemiliknya selama mereka mudik pulang kampung! Jasa ini tidak membutuhkan banyak tenaga dan modal. Biasanya, tugas penjaga rumah cukup mematikan lampu saat pagi hari, menyalakannya saat malam hari, dan mungkin menyiram tanaman bila ada. Jika ingin mendapat bayaran tambahan, Sobat Jarjas bisa membersihkan rumahnya sehari sebelum pemiliknya pulang, lho!

Lagi-lagi, ini sangat pas dengan Sobat Jarjas yang tidak mudik saat lebaran nanti. Lumayan lah, gak pulang kampung tapi cuan.

Baca Juga Optimasi Media Sosial: Strategi Dapat Cuan Bulan Ramadhan

Nah, sampai situ saja, Sobat Jarjas! Gimana ide-ide Minjas untuk bisnis di bulan Ramadhan? Lumayan lah yaaa, tiada dua karena masih sedikit orang yang menawarkan jasa-jasa seperti di atas. Kalau Sobat Jarjas coba, pasti dapat uang saku tambahan yang cukup banyak, deh!

Agar bisnis Ramadhan ini ramai, Sobat Jarjas bisa mempromosikan jasa-jasa yang ditawarkan lewat sosial media. Kalau bingung isi konten dan desainnya, minta bantuan Jarjas Design Aja!

Langsung kontak Jarjas Design Aja! Dijamin desainnya eksklusif dan unik. Cek instagram kami di @jarjasdesign.

Semoga bermanfaat dan semangat puasanya, Sobat Jarjas!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.