Mengenal Lebih Jauh Tentang NFT: Pengertian dan Cara Kerja

Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang bersifat satu-satunya dan tidak dapat dipindahtangankan. Apa itu NFT berbeda dengan mata uang kripto

Halo sobat Jarjas, akhir-akhir ini dunia digital dihebohkan dengan Ghozali Ghozalu, pria asal Indonesia yang berhasil menjual foto selfie nya dengan harga fantastis hingga milyaran rupiah melalui NFT. Lalu, apa itu NFT? Ketahui lebih jauh tentang NFT yang bikin Ghozali jadi milyader berikut ini.

Apa itu NFT?

NFT adalah kependekan dari non-fungible token yang merupakan aset digital. Non-fungible berarti benda ini tidak ada gantinya atau unik. NFT biasanya mewakili benda nyata seperti.seni lukisan, foto, musik, video, dan item di dalam game. NFT juga sering dihubungkan dengan cryptocurrency karena diperjual belikan secara online. 

NFT sudah ada sejak tahun 2014 dan mulai berkembang di tahun-tahun ini karena dianggap sebagai metode yang simpel dalam jual beli aset digital seperti karya seni secara online. Transaksi ini tergolong unik karena penjualan yang terbatas dengan kode yang unik. Hal inilah yang membuat banyak orang untuk membelinya, originalitas yang terjaga dan terbatas.

Cara Kerja NFT

Pada dasarnya NFT bekerja dengan Blockchain yang merupakan sistem kontrak yang sangat terjaga keamanannya dari kebocoran data. Pembeli aset digital ini dapat memverifikasi dirinya sebagai pembeli tunggal atas aset tersebut. Jadi, setelah dibeli pengguna akan memiliki kepemilikan atas aset tersebut.

Pemilik NFT juga dapat menambahkan informasi atau data didalam tokennya. Misal, seorang seniman yang menjual lukisannya bisa menambahkan tanda tangan eksklusif dalam token tersebut. Data unik NFT inilah yang membuatnya mudah untuk diverifikasi keasliannya.

Marketplace NFT

Jika kamu tertarik untuk memulai NFT atau berencana membelinya, berikut ini adalah beberapa marketplace yang dapat ditemukan dengan mudah. Namun, sebelumnya pastikan kamu memiliki dompet digital untuk menyimpan NFT dan Cryptocurrency ya.

OpenSea

Pasar inilah yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Platform peer-to-peer ini menyebut dirinya sebagai pemasok “barang digital langka dan koleksi.” Untuk memulai, yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun untuk menelusuri koleksi NFT. Kamu juga dapat mengurutkan karya berdasarkan volume penjualan untuk menemukan seniman atau pemilik token baru.

Rarible

Mirip seperti OpenSea, Rarible adalah pasar terbuka demokratis yang memungkinkan seniman dan pembuat konten untuk menerbitkan dan menjual NFT. Token RARI yang dikeluarkan pada platform memungkinkan pemegang untuk mempertimbangkan fitur-fitur seperti biaya dan aturan komunitas.

Foundation

Di sini, seniman harus menerima “upvotes” atau undangan dari sesama kreator untuk memposting karya mereka. Eksklusivitas komunitas dan biaya masuk seniman juga harus membeli “gas” untuk mencetak NFT.  

Demikian penjelasan lengkap mengenai NFT yang saat ini kerap kali diperbincangkan. Mulai dari pengertian, cara kerja, dan beberapa marketplace dimana NFT dapat dijual atau dibeli. Apakah Sobat Jarjas tertarik untuk terjun ke dunia NFT? Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: Intip Strategi Marketing Erigo Store, Brand Lokal yang Go International

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.