Milenial dan Antusias Kewirausahaan

Beberapa tahun belakangan ini terjadi lonjakan jumlah bisnis rintisan atau yang biasa di sebut startup, yang didominasi oleh generasi milenial. Generasi milenial adalah generasi yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000. Banyak pakar menyebutkan bahwa generasi milenial adalah generasi yang paling banyak berjiwa entrepreneur. 

Dikutip dari wartaekonomi.co.id, Kemenristekdikti menyampaikan bahwa dalam 5 tahun terakhir ada 1.307 bisnis startup baru. Hal ini diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi nasional. Berikut adalah contoh bisnis rintisan yang sukses di Indonesia:

Go-jek: Perusahaan transportasi online ini kini sudah berstatus decacorn, sangat membanggakan Indonesia bukan?

Tokopedia: usaha di bidang marketplace ini merupakan salah satu startup anak bangsa yang saat ini sudah berstatus unicorn.

Traveloka: bisnis yang dirintis pada 2012 ini awalnya hanya menyediakan pembelian tiket pesawat dan hotel, namun saat ini juga menyediakan layanan seperti tiket masuk wisata. Pertumbuhan startup ini tergolong sangat cepat.

Mengapa para milenial sangat antusias berwirausaha?

  • Jason Harber, penulis yang juga pebisnis, mengatakan bahwa antusias berwirausaha sudah ada di dalam DNA  kaum milenial, mereka tidak suka menunggu perubahan, mereka menciptakan perubahan. Milenial banyak belajar dari generasi-generasi sebelumnya dan melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh pendahulunya. Dari sini lah ide kreatif bermunculan, dimulai dari satu orang hingga yang lainnya akan mengikuti untuk menciptakan gerakan ekonomi kreatif lainnya. 
  • Milenial lebih suka menjalani pekerjaan sesuai keinginan mereka dan fleksibel daripada pekerjaan yang memiliki office hour dan terikat, maka dari itu mereka menciptakan pekerjaan sendiri. Mereka suka berfikir dinamis terhadap pekerjaan mereka, hal inilah yang menyebabkan para milenial berani memulai bisnisnya sendiri
  • Kaum milenial memiliki jiwa petualang untuk berinovasi. Kaum milenial bisa dibilang kaum yang berani ambil resiko dan keluar dari zona nyaman. Memulai bisnis baru merupakan tantangan tersendiri bagi mereka dimana mereka dapat melakukan riset dan improvisasi yang sekaligus mereka jadikan sebagai ajang pengembangan diri.
  • Kaum milenial merupakan generasi melek teknologi, mereka banyak melihat dunia luar melalui internet. Banyak sekali pelajaran yang mereka ambil melalui teknologi. Mereka juga sangat cepat mempelajari teknologi baru yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis rintisannya.

Itulah sedikit ulasan tentang kaum milenial dan antusias nya dalam berwirausaha

Sudah siapkah anda para milenial bersaing didunia bisnis?

 

Sumber:

wartaekonomi.co.id

entrepreneur.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi saya Wiwin,
ada yang bisa saya bantu?