Wajib Ditiru! Sifat Pengusaha Kang Tae-mu, Drakor Business Proposal

Halo Sobat Jarjas, kalian pecinta drakor bukan sih? Drama korea memang terkenal dengan ceritanya yang ringan dan menghibur. Selain itu, drama korea juga bisa dijadikan ajang cuci mata karena aktor dan aktrisnya yang super rupawan! Tapi… manfaat drakor gak cuma itu saja, lho, Sobat Jarjas. Tak jarang, drama korea juga mengajarkan prinsip kehidupan dan bahkan semangat juang.

Kali ini, Minjas mau berbagi hal yang bisa dipelajari dari salah satu drama korea yang sedang naik daun, yaitu Business Proposal!

Business Proposal adalah sebuah drama komedi romantis asal Korea Selatan yang dirilis tahun 2022. Drama ini menceritakan tentang perjalanan cinta Kang Tae-mu, CEO perusahaan makanan instan, dengan Shin Ha-ri, seorang peneliti di perusahaan makanan tersebut. Meskipun drama ini berfokus pada kisah cinta Kang Tae-mu dan Shin Ha-ri, banyak sifat-sifat Kang Tae-mu yang bisa Sobat Jarjas tiru agar bisa menjadi pengusaha sukses yang berprinsip. Kira-kira apa saja ya sifatnya?

1. Terampil dan Berwawasan Luas

Pada drama Business Proposal, Kang Tae-mu yang merupakan CEO perusahan makanan instan digambarkan sebagai sosok yang cerdas, tanggap, dan bertalenta. Bagaimana tidak? Kang Tae-mu merupakan lulusan Harvard dan sudah beberapa tahun bekerja di New York sebelum kembali ke Korea Selatan. Pengalamannya ini membuat dia mampu berkomunikasi dan bernegosiasi menggunakan bahasa Inggris dengan lancar. Tidak hanya itu, Kang Tae-mu sebagai bos perusahaan makanan juga terampil dalam memasak. Seluruh keterampilan ini membuatnya menjadi orang yang solutif dan bisa diandalkan. Wah, keren ya!

2. Berprinsip dan Saklek

Beberapa adegan dalam drama menunjukan Kang Tae-mu sebagai orang yang teguh pada prinsipnya dan tergolong saklek. Pada episode pertama drama Business Proposal, Kang Tae-mu yang baru saja datang dari New York langsung memberhentikan salah satu karyawan senior yang merupakan kawan dari kakeknya. Keputusannya ini tentu didasari oleh alasan yang kuat, yaitu karyawan ini sering terlibat dalam kasus penyogokan. Meskipun sang kakek memintanya untuk mempertimbangkan kembali, Kang Tae-mu tetap berpegang teguh pada pendiriannya dan memutuskan apa yang terbaik untuk perusahaan.

Memang, bersikap fleksibel itu terkadang diperlukan, tetapi banyak juga prinsip yang tidak boleh digadaikan, Sobat Jarjas.

3. Perhatian pada Detail

Meskipun memegang jabatan sebagai CEO suatu perusahaan besar, Kang Tae-mu selalu rutin melakukan quality control terhadap setiap produk yang hendak dipasarkan. Dengan mencicipi, memperhatikan harga jual, dan juga minat pasar, Kang Tae-mu mengevaluasi tim-tim peneliti secara langsung. Selain itu, pada proses marketingnya, Kang Tae-mu juga sering kali mengevaluasi pemilihan brand ambassador dan juga hasil akhir syuting iklan. Maka dari itu, penjualan produk dapat terjamin karena semua aspek dari produk tersebut diperhatikan dengan seksama.

4. Berdedikasi Penuh pada Pekerjaan

Bila sudah menonton drama ini, Sobat Jarjas pasti tahu bahwa Kang Tae-mu adalah seorang workaholic. Dia tidak suka menghabiskan waktu dan pikirannya kepada hal-hal yang tidak penting dan tidak berhubungan dengan pekerjaan. Bahkan, saat sedang beristirahat makan, Kang Tae-mu selalu memikirkan ide-ide untuk produk baru perusahaannya. Meski terlihat berlebihan, berdedikasi penuh pada pekerjaan adalah salah satu kunci agar bisnis kalian bisa cepat berkembang, lho, Sobat Jarjas.


Nah, itu dia sifat-sifat Kang Tae-mu dari drakor Business Proposal yang membuatnya menjadi pengusaha yang sukses dan kompeten. Sobat Jarjas yang sedang menjalankan usaha, coba deh tonton drakornya di Netflix, perhatikan dan mulai menanamkan 4 sifat ini! Pasti, usahanya bisa ikut sukses seperti perusahaan Kang Tae-mu…

Baca Juga Belajar Bisnis dan Leadership Ala Thomas Shelby, Peaky Blinders

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.