Strategi UMKM di Era “Next Normal” Ala Menteri PAREKRAF

Pandemi COVID-19 memberikan dampak lesu bagi perekonomian Indonesia, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Seiring bertambahnya jumlah korban, kelemahan ekonomi menjadi sangat jelas terlihat. Menurut World Bank Organisation, kelemahan ekonomi karena pandemi covid19 merupakan guncangan ekonomi terbesar yang dialami dunia dalam beberapa dekade. Namun tahun 2021 tak boleh selamanya kelabu, protokol kesehatan tetap harus menjadi prioritas utama di tengah upaya membangkitkan perekonomian nasional.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno,  yang kini diangkat menjadi menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PAREKRAF) telah berkecimpung di dunia UMKM sejak lama. Beliau juga merupakan mentor untuk komunitas pengusaha startup dan juga scale-up yang didirikannya. Acap kali beliau membagikan tips dan strategi bagi UMKM melalui akun Instagramnya. 

 

Sumber: Kemenparekraf

Salah satu unggahan yang menarik adalah kunjungan beliau ke Labuan Bajo pekan lalu yang mana beliau ditanyai mengenai strategi bagi UMKM di era next normal agar tetap berjalan. Jawaban yang diberikan dalam video cukup menarik dan patut dicoba. Strategi tersebut adalah:

  1. “Di era next normal ini, kita dituntut untuk terus berinovasi” , situasi pandemi yang dinamis ini mengharuskan kita memutar otak agar terciptanya inovasi produk yang menarik konsumen di era next normal. Jadi, adaptasi kita adalah bagaimana kita bisa menjual produk yang diingini orang di masa pandemi.
  2. “Selain inovasi, kita wajib beradaptasi” , mengubah cara pemasaran dan produksi sesuai protokol memanglah tidak mudah awalnya, namun saat ini kita mulai terbiasa dengan segala sesuatu yang berbau online. Maka beradaptasi dengan platform digital adalah strategi yang harus dilakukan pelaku UMKM untuk memacu target pasar. 
  3. “Strategi berikutnya adalah kolaborasi”, jika sebelum adanya covid-19 strategi pelaku UMKM adalah kompetisi maka di era next normal strategi yang paling tepat adalah kolaborasi. Menggabungkan produk tertentu dengan produk lainnya yang akan menghasilkan profit lebih tinggi. 

 

Ketiga strategi diatas merupakan jalan keluar dari berbagai masalah yang tengah dihadapi pelaku UMKM di masa pandemi. Strategi tersebut juga dapat dijadikan pedoman untuk masa mendatang yaitu next normal yang  mengharuskan kita beradaptasi. 

Pada kesempatan yang lainnya, beliau berkali-kali mengatakan pentingnya peran media sosial untuk pelaku UMKM. Media sosial tentunya tidak lepas dari branding dan konten yang menarik untuk meningkatkan interaksi antara kita sebagai seller dan followers sebagai buyer.

 

Jarjas Design bisa membantu para pelaku UMKM untuk membangun branding yang menarik dan profesional. Konsultasikan bisnis Anda bersama kami.

 

Sumber:

www.worldbank.org

Instagram Menteri Parekraf

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo ada yang bisa kami bantu?