5 Tips SEO Instagram Untuk Mendatangkan Pengunjung

ilustrasi instagram dengan banyak like karena SEO

Halo sobat jarjas, sudahkah kamu mengenal SEO untuk Instagram? SEO adalah aktivitas optimasi untuk menjangkau audiens yang lebih banyak khususnya di mesin telusur. Tak hanya itu, SEO juga bisa dilakukan untuk Instagram juga loh. 

Membangun bisnis tanpa memiliki akun sosial media memang kurang sempurna karena audiens yang dijangkau kurang luas. Maka dari itu, pelaku bisnis berbondong-bondong melakukan branding di sosial media untuk produknya. Rapatnya kompetisi di sosial media pun harus dihadapi dan disinilah kegunaan optimasi atau SEO. Lalu, bagaimana cara mengoptimasi Instagram untuk bisnis? simak penjelasannya di sini.

1.Maksimalkan Profil

Permudah user untuk menemukan akun Instagram kamu dengan profil yang maksimal. Langkah-langkah awal bisa jadi penentu bisnis kamu loh. Misalnya, pemilihan nama akun, deskripsi pada profil akun, dan informasi yang membantu target audiens menemukan bisnis kamu. 

Langkah-langkah berikut perlu kamu lakukan agar akunmu dapat muncul di pencarian pengguna Instagram:

  1. Ubah akun menjadi publik 
  2. Gunakan branding yang kuat pada gambar profil seperti logo atau foto produk yang menarik.
  3. Jadikan akun kamu sebagai bisnis akun untuk tampil lebih profesional.
  4. Sertakan link ke situs web atau e-commerce kamu pada profil.
  5. Jangan lupa untuk mencantumkan kata kunci bisnis pada profil. Misalnya, Kamu jualan tas maka kata tas wajib ada di profil.

2. Gunakan Kata Kunci Pada Username Dan Bio

Selayaknya optimasi SEO website, kata kunci berperan penting dalam hal ini. Pengguna Instagram mencari sebuah akun melalui search box di halaman pencarian. Untuk bisa tampil di sana, maka pelaku bisnis harus menjadi se-relevan mungkin dengan apa yang mereka cari. 

Kamu bisa melakukan riset kata kunci ceruk bisnismu melalui tools yang ada di internet seperti Google trends atau ahrefs. Dengan memilih kata kunci yang tepat, akunmu dijamin bisa tampil di hasil pencarian teratas. 

3. Optimalkan Alt Text Pada Postingan

Alt text adalah deskripsi postingan yang menjelaskan konteks dan arti sebuah item visual, biasanya pada platform digital seperti situs web. Namun, di Instagram kamu juga bisa menambahkan alt text loh.

Alt text berfungsi sebagai salah satu komponen yang membantu algoritma Instagram untuk memunculkan gambar kamu kepada pengguna dengan interest serupa. Dengan menuliskan deskripsi dan konteks gambarmu, mesin telusur Instagram dapat dengan mudah mengenali kontenmu. Alt text tidak hanya berfungsi di dalam Instagram, tapi juga untuk mesin telusur Google. Berikut adalah langkah menuliskan alt text di postinganmu:

  1. Dalam proses posting konten, scroll kebawah hingga menu Advanced setting
  2. Lalu, kamu akan menemukan pilihan “write alt text”
  3. Pilih opsi tersebut, lalu tuliskan deskripsi gambar beserta kata kuncinya
  4. Selesai, kini postinganmu mengandung alt text

4. Hashtag dan Caption Instagram

Kamu mungkin sudah banyak tahu tentang hashtag dan caption di Instagram. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menelusuri konten menggunakan hashtag. Oleh karena itu, menggunakan hashtag dan caption pada postingan kamu bisa membantu pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari.

Untuk menentukan hashtag dan caption, riset kata kunci juga perlu dilakukan. Seperti yang mimin bilang sebelumnya, riset bisa dilakukan dengan berbagai tools yang tersedia. Usahakan hashtag yang dipakai relevan dengan bisnis dan produkmu. 

5. Manfaatkan Insight 

Keuntungan menggunakan akun bisnis untuk jualan adalah fitur insight. Kamu bisa memantau performa setiap konten dengan fitur ini. Kamu bisa melihat berapa orang yang dijangkau, impresi mereka, berapa banyak yang menyimpan postinganmu, lengkap dengan jumlah like dan komen.

Pantau terus fitur insight ini untuk menentukan strategi konten kedepannya seperti kapan waktu yang tepat untuk memposting, audiens seperti apa yang harus banyak dijangkau, dan lain sebagainya.

Itu dia 5 tips SEO Instagram untuk bisnis kamu. Mulai dari memaksimalkan profil, menggunakan kata kunci yang tepat sesuai riset, optimasi alt text, hashtag dan caption, dan yang terakhir memanfaatkan fitur insight di Instagram bisnis. Baca juga 3 strategi sosial media marketing di sini. Semoga bermanfaat ya sobat Jarjas!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.